Home » » iPhone SE vs. iPhone 6s: Perbandingan Spesifikasi dan Desain

iPhone SE vs. iPhone 6s: Perbandingan Spesifikasi dan Desain

iPhone SE terbaru muncul dengan desain yang hampir mirip dengan iPhone 5s namun sekarang iPhone 5s hadir dengan kemampuan dan hardware 6s. Hadirnya smartphone 6s itu memang diperuntukkan bagi kalangan yang menyukai ukuran kecil, 4.7 inci untuk iPhone 6s dan 5.5 inci untuk iPhone 6s Plus.

foto:gottabemobile.com
Sedangkan untuk iPhone SE, merupakan perangkat kecil yang pintar dan menarik yang mana kemampuan dari iPhone SE ini hampir setara dengan kemampuan PC.


iPhone SE vs. iPhone 6s

Desain
Soal desain, iPhone SE hampir memiliki desain yang sama dengan iPhone 6s, dari unibody aluminium, tepi chamfered, clicky Power dan Volume tombol, dan tombol sentuh ID semua hampir memiliki kesamaan. Salah satu yang membedakan iPhone SE dengan iPhone 6s terletak pada Chamfer-nya lebih halus. Pertanyaannya adalah apa gunanya memiliki iPhone terbaru jika barang tersebut memiliki model lama?
iPhone SE memiliki ukuran panjang 4,87 - lebar 2,31 - dan ketebalan 0,30 inci (HWD) dan beratnya 3,99 ons, itu jauh lebih kecil dan lebih ringan dari pada iPhone 6s (panjang 5.44 lebar 2,64  tebal 0,28 inci; beratnya 5,04 ons). iPhone 6s sedikit lebih ramping, tapi dengan menggunakan satu tangan akan lebih mudah menggunakan iPhone SE.

Tampilan
Seperti halnya kebanyakan iPhone terbaru, iPhone SE memiliki layar retina, tapi resolusinya sedikit lebih rendah daripada iPhone 6s. Masalah terbesar dari iPhone SE adalah belum memiliki 3D touch, hal itu menyebabkan pengguna iPhone SE tidak dapat meraskan keuntungan fitur-fitur yang memiliki tekanan sensitif seperti konten Peek dan Pop dengan cepat ketika menekan aplikasi tersebut.

ProcessorDalam hal perangkat keras, baik iPhone SE dan iPhone 6s menjalankan Chip 64-bit A9 dan gerak coprocessor M9. Penulis belum mengetahui dengan jelas tentang kecepatan clock atau RAM, tetapi ada kemungkinan bahwa kedua ponsel tersebut akan melakukan hal yang sama dalam penggunaannya secara umum.  

Connectivity
Dalam hal konektivitas, iPhone SE  setara dengan iPhone 6s. Akan tetapi iPhone SE memiliki LTE yang lebih cepat dan Wi-Fi 802.11ac dari sebelumnya.

Baterai
iPhone SE memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada iPhone 6s. Itu dikarenakan layarnya yang jauh lebih kecil, sudah banyak yang mengetahui tentang daya tahan kedua baterei dari smartphone tersebut.

Itulah beberapa hal yang membedakan antara iPhone SE dengan iPhone 6s, untuk perangkat lainnya tak banyak yang membedakan antara kedua smartphone itu. Yang pasti, jika anda ingin membeli iPhone terbaru, pastikan terlebih dahulu apakah perbedaan dari produk terbaru dengan produk lama itu banyak atau sedikit, jika memang keduanya memiliki banyak kesamaan ada baiknya anda tetap mempertahankan iPhone lama anda. Sebab, harga dari produk terbaru sudah pasti akan lebih mahal dan anda akan membuang uang dengan sia-sia. Semoga artikel bermanfaat.

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.