Home » , » Cerita sepeda bambu dari Temanggung yang kini mendunia

Cerita sepeda bambu dari Temanggung yang kini mendunia

Banyak sekali cerita-cerita orang sukses dengan segala kreatifitas mereka untuk menciptakan sesuatu hal yang unik dan yang pasti menarik tanpa batas. Dengan keunikan dan kreatifitas, barang-barang yang mereka ciptakan selalu menjadi barang yang populer, bahkan kepopuleran barang hasil dari karya tangan mereka tidak hanya populer di Negaranya sendiri, bahkan juga sampai ke luar negeri.

sepeda bambu dari Temanggung
Foto:liputan6.com
Seperti halnya apa yang sudah diciptakan oleh Singgih Susilo ini, ia berhasil membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, yaitu sepeda bambu. Ia tidak membuatnya dari awal, ia hanya mengganti beberapa bagian yang sekirang bisa digantikan dengan bahan bambu tersebut kemudia memolesnya hingga terlihat bagus dan tentunya mempunyai kualitas yang bagus.

Singgih Susilo adalah Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) dengan jurusan Program Desain, setelah menyelesaikan tugas belajarnya di unversitas tersebut ia memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Desa Kandang, Kabupaten Temanggung. Dari situlah ia mulai mengawali membuat sesuatu yang suatu saat akan melalang buana di seluruh dunia dan menjadi salah satu karya yang masuk dalam 5 besar barang terunik di dunia, kategori sepeda.

Soal harga sepeda, mungkin akan banyak dari kita yang akan terkejut. Berapa ia mengeluarkan modal awal dan berapa ia menjualnya. Sungguh sangat fantastis, dari hanya keluar uang Rp 50.000 untuk membeli satu bambu petung, ia mulai merangkai dan sedikit memberikan polesan dan sepeda tersebut bisa mencapai harga Rp 60.000.000 atau sekitar $US 6.000. Benar-benar nilai jual yang sangat tinggi jika melihat berapa yang ia keluarkan hanya untuk membeli bambu. Diketahui, dari satu potong bambu petung, ia bisa merangkai 5 - 6 rangka sepeda. Sepeda bambu buatannya kini banyak dilirik negara-negara lain bahkan sudah banyak sekali ia meskpor sepeda keluar negeri karena banyaknya permintaan.

Singgih Susilo mengatakan bahwa ide untuk membuat sepeda bambu tersebut muncul karena terinspirasi oleh kekayaan alam di desanya yang begitu melimpah terutama soal bambu. Di tempat ia dilahirkan itu memang banyak sekali jenis bambu yang tumbuh khususnya bambu petung yang memang memiliki nilai seni tinggi.

Itulah sekilas tentang cerita dari seorang Singgih Susilo yang membawa nama Temanggung harum di seluruh penjuru dunia dengan sepeda bambu ciptaannya itu. Jika dia bisa, maka anda seharusnya juga bisa melakukan sesuatu yang beda dan bermanfaat bagi orang lain.

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.