Home » » Pembagian Surat-Surat Al Qur'an Berdasarkan Makkiyyah dan Madaniyyah

Pembagian Surat-Surat Al Qur'an Berdasarkan Makkiyyah dan Madaniyyah

Seringkali ditemukan pada Al Qur'an, dalam setiap awal surat dicantumkan kategoridari surat tersebut, apakah surat tersebut surat Makkiyyah ataukah Madaniyyah. Terlebih dahulu perlu kita ketahui bahwa pengertian dari Surat Makkiyyah itu adalah surat-surat Al Qur'anyang diturunkan di tanah Mekkah, sedangkan Surat Madaniyyah itu adalah surat-surat Al Qur'an yang diturunkan di Madinah.

perbedaan surat makkiyyah dan madaniyyah
(foto:arrahmah.com)
Pencantuman kategori Makkiyyah dan Madaniyyah ini bukanlah suatu perintah Allah Ta'ala atau perintah Rasulullah SAW, itu merupakan sesuatu yang baru yang telah diambil dari ulama klasik yang tidak lepas dari riwayat-riwayat yang valid (shahih).

Berbicara tentang pelabelan surat-surat Al Qur'an dalam kategori Makkiyyah atau Madaniyyah, semua surat di dalam Al Qur'an bisa dikategorikan sebagai surat Makkiyyah atau ke dalam surat Madaniyyah. Pembahasan tentang seputar kejelasan klarifikasi surat-surat Makkiyyah dan Madaniyyah memiliki banyak perbedaan pandangan dari ulama seperti yang diketengahkan oleh Al- Suyuti dam kitab Al-Itqan. Salah satu yang dikutip oleh Al-Suyuti adalahpendapat dari Ibnu Al Hashar bahwa surat-surat yang disepakati masuk dalam kategori Madaniyyah berjumlah 20 Surat. Di antaranya adalah al Baqarah, Ali Imran, An Nisa, al Maidah, al Anfal, at Taubah, An Nur, al Ahzab, Muhammad, Al Fath, al hujurat, , al Hadid, al Mujadilah, al Hasyr, al Mumtahanah, al Jumu'ah, al Mundafiqun, al Thalaq, al Fahrim, dan an Nashr. Sedangkan surat-surat Madaniyyah yang masih diperselisihkan ada 12 surat, diantaranya adalah al Fatihah, al Ra'd, al Rahman, al Shaff, al Taghabun, al Tathfif, al Qadr, al Bayyinah, al Zalzalah, al Ikhlash, dan al Mu'awwidzatain (al Falaq dan al Nas). 

Selain surat-surat yang sudah disebutkan di atas, yang mana berjumlah 82 surat adalah masuk dalam kategori surat Makkiyyah.

Keterangan di atas berbeda dengan apa yang ditampilkan oleh Al Zarkasyi. Beliau menyebutkan bahwa surat-surat makkiyyah berjumlah 85 surat dan surat-surat madaniyyah berjumlah 19 surat.

Pembagian surat berdasarkan makkiyyah atau madaniyyah di atas tidak berarti semua ayat yang terdapat di dalamnya juga di kategorikan sama seperti suratnya. Pengelompokkan surat itu makkiyyah atau madaniyyah hanya dilihat dari mayoritas ayat yang terdapat di dalam surat tersebut. Ada beberapa surat kategori makkiyyah akan tetapi ada ayat di dalamnya yang termasuk dalam ayat madaniyyah, begitu pun sebaliknya.

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.