Home » » Awas! Wireless Mouse ternyata mudah sekali diretas

Awas! Wireless Mouse ternyata mudah sekali diretas

Praktis dan rapi, itulah kesan pertama kita ketika mendengar salah satu perangkat elektronik yang biasanya menempel dengan PC tersebut, itu wireless mouse. Wireless mouse memang sangat membantu sekali ketika seseorang menggunakan laptop atau PC, mereka memang sebuah perangkat yang rapi selain itu seseorang juga bisa menggunakan wireless mouse dengan posisi apa saja secara mudah karena memang tanpa kabel.


(foto:techspot.com)
Akan tetapi ada hal mengejutkan bahwa ternyata seorang penyusup, peretas atau orang-orang yang berkeinginan jahat pada kita bisa dengan mudah sekali meretas komputer kita melalui wireless mouse tersebut. Baru-baru unu ada dua peneliti yang menemukan bahwa produk wireless mouse yang dirilis oleh perusahaan HP, Dell, Lenovo dan Amazon menggunakan signal tak terenkripsi untuk bisa menghubungannya ke laptop atau PC seseorang.

Signal itulah yang kini menjadi celah dan bisa dengan mudah dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan khususnya para hacker untuk menyusup ke dalam komputer korban. Disitu mereka bisa mengetahui apa saja data-data penting yang dimiliki. Keadaan seperti inilah yang nantinya akan dimanfaat oleh para hacker untuk mengirim signal tak terenskripsi pada dongle korban lantas barulah mereka menyamarkan diri mereka sebagai perangkat keyboard. 

Hal itu memang bukanlah sebuah serangan langsung, itu adalah serangan tidak langsung akan tetapi hackers bisa seolah-olah seperti berada langsung di dalam komputer korban, jadi mereka akan tahu semuanya. Mereka tidak perlu repot-repot untuk membeli perangkat canggih guna meretas komputer atau laptop seseorang. Dengan celah yang dimiliki wireless mouse, mereka hanya memerlukan antena, chip nirkabel atau dongle, serta beberapa kode untuk menipu dongle yang sudah dihubungkan pada perangkat korban.

Setelah hackers berhasil memasuki komputer seseorang, maka serangan selanjutnya akan keyboard. Korban akan diminta untuk menulis kata-kata sampai ratusan bahkan ribuan. Nah ketika hackers bisa langsung mengakses perangkat korban dengan bebas. 

Menghadapi situasi seperti sampai sekarang pihak perusahaan yang merilis wireless mouse juga terus mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Mereka mencoba untuk mengembangkan sensor baru yang lebih canggih lagi untuk mengurangi resiko kejahatan.

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.