Home » » 8 Hadist Keutamaan Membaca Sholawat

8 Hadist Keutamaan Membaca Sholawat

8 Hadist Keutamaan Membaca Sholawat

Kitab kecil ini namanya Rotib Al Hadad yang di tulis oleh Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Hadad Al Alawy Al Hasyim pada tahun 1071 Hijriyah. Penyusun kitab Rotib ini adalah seorang Ulama Besar dan seorang Waliyullah yang dalam kedudukannya di sebut dan di gelari sebagai "QUTHBUL IRSYAD" (Ketua semua wali kutub). Beliau di lahirkan dan Wafat di Hadromaut Yaman. Kitab Rotib ini adalah himpunan dari Doa-doa dan Zikir, Istigfar, Tahmid serta Sholawat yang kesemuanya di baca oleh para Nabi dan Rosul serta terpilih dan bersumber dari Do'a Rosulullah SAW.

Salah satu kitab karangannya yang paling termashur adalah Kitab Hukum Islam (fiqih) yang di beri nama Kitab Nashoih Diniyah yang artinya Kitab Nasehat Agama. Kitab ini mempunyai tingkatan setingkat Kitab Ihya Ulumudin karangan Imam Al Ghozali.

Rotib Al Hadad ini telah di kenal sejak tahun disusunnya hingga saat ini, khususnya di seluruh Jazirah Arab dan umumnya di negara-negara yang mayoritasnya adalah muslim seperti halnya Negara Indonesia serta Negara-negara lain di Asia. 

Dalam kitab ini di jelaskan tentang manfaat-manfaat Bacaan Sholawat, Tahmid, Istigfar serta bacaan-bacaan yang lain. Seperti judul di atas, berikut 8 Hadist Keutamaan Membaca Sholawat:

  1. Sesungguhnya orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca Sholawat untukku (Hadist)
  2. Barangsiapa membaca Sholawat untukku dari ummatku maka akan di tulis baginya sepuluh kebaikan dan di hapus darinya sepuluh dosa (Hadist).
  3. Perbanyaklah Sholawat atas Nabi kalian pada malam dan hari Jum'ah, maka sesungguhnya Sholawat kalian di sodorkan kepadaku, maka aku mendoakan kalian dan meminta ampunan dari Allah untuk klian (Hadist)
  4. Jika seorang hamba membaca Sholawat kepada Nabi MuhammadSAW, maka tidak tersisa sehelai rambutpun dari rambut (tubuh)nya kecuali memintakan ampun untuknya ( Hadist).
  5. Di riwayatkan dari Rasulullah SAW: Sholawat kepadaku menepis kemiskinan dari orang yang membacanya. (Hadist).
  6. Barangsiapa ingin mengucapkan satu ucapan lalu dia lupa, maka hendaknya ia membaca sholawat kepadaku, maka sesungguhnya di balik Sholawatnya padaku ada pengganti dari ucapannya, semoga dia mengingatnya (Hadist).
  7. Barangsiapa membaca sholawat nabi untukmu seratus kali dalam sehari semalam, maka akan aku berikan padanya dua ribu rohmat, dan aku penuhi untuknya seribu hajat, minimal kebebasan dari api neraka.
  8. Barangsiapa memperbanyak sholawat akan terpenuhi urusan dunia dan akhirot, Keselamatan dari rasa takut, panik dan bingung.
Selain 8 Hadist Keutamaan Membaca Sholawat di atas masih banyak manfaat-manfaat bacaan yang lain yang ada dalam kitab Rotib tersebut,semoga bermanfaat.

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.