Home » » Khasiat Ayat-ayat Al-Quran, Hizib dan Do'a

Khasiat Ayat-ayat Al-Quran, Hizib dan Do'a

Dalam amaliah sehari-hari, kaum muslimin memiliki aneka macam bacaan dzikir, mulai dari Al-Quran, dzikir, hizib dan lainnya. Bacaan-bacaan tersebut ada yang dibaca karena semata-mata beribadah kepada Allah Ta'ala.

Sumber gambar: abhyreinkarnasi.com
Adapula karena tujuan tertentu sesuai dengan khasiat yang terdapat dalam bacaan itu. Berkaitan dengan ayat-ayat Al-Quran, para Ulama telah menulis kitab-kitab Fadla'il Al-Quran yang menguraikan khasiat-khasiat beberapa surat-surat dan ayat Al-Quran yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW.

Adapula khasiat ayat-ayat Al-Quran yang diketahui berdasarkan pengalaman orang-orang shaleh seperti yang ditulis oleh al-Imam Ghazali dalam kitabnya al-Dzahab al-Ibriz fi Khawashsh al-Kitab Al-Quran al-Azhim, dan Syaikh Yusuf al-Nabhani dalam kitab Sa'adat al-Darain di bagian akhir.

Selain Al-Quran, kaum muslimin juga mengenal do'a-do'a yang disusun oleh para ulama. Antara lain do'a yang mengandung khasiat sesuai dengan isinya. Do'a tersebut dengan hizib. Diantara sekian banyaknya hizib, ada tiga macam hizib yang paling populer di dunia Islam, yaitu Hizb al-Bahr, Ratib al-Haddad dan Dalail al-Khairat. Mengenai khasiat-khasiat ayat Al-Quran dan hizib yang disusun oleh para wali Allah Ta'ala, Syaikh Ibn Qayyim al-jauziyah berkata:

"Dan telah diyakini bahwa sebagian perkataan manusia memiliki sekian banyak khasiat dan aneka kemanfaatan yang dapat dibuktikan. Apalagi ayat-ayat Al-Quran selaku firman Allah Ta'ala, Tuhan semesta alam, yang keutamaannya atas semua perkataan sama dengan keutamaan Allah Ta'ala atas semua makhluknya. Tentu saja ayat-ayat Al-Quran dapat berfungsi sebagai penyembuh yang sempurna, pelindung yang bermanfaat dar isegala marabahaya, cahaya yang memberi hidayah dan rahmat yang merata. Dan seandainya Al-Quran itu diturunkan ke gunung, tentu ia akan pecah karena keagungannya. Allah Ta'ala berfirman: 'Dan Kami turunkan dari Al-Quran sesuatu yang menjadi penaawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. Al-Isra':82)'. Kata-kata -dari Al-Quran-, dari ayat ini untuk menjelaskan jenis, bukan makna sebagian menurut pendapat yang paling benar".

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.