Alt/Text Gambar
Home » » Mengenali dan Cara Mengendalikan Hama Sundep Pada Tanaman Padi

Mengenali dan Cara Mengendalikan Hama Sundep Pada Tanaman Padi


Ngawi. Musim panen padi utk MT 2 (Musim Tanam 2) tahun ini sudah usai, tapi panen kali ini hasilnya menurun bila di bandingkan dengan panen musim tanam  yang lalu. Penurunan hasil panen ini bukan dikarenakan kekurangan air tetapi tanaman padi di serang hama Sundep. Berdasarkan informasi langsung dari petani  penurunannya mencapai 30-40%. Kejadian gagal panen  menimpa para petani di Kec Bringin, Kec Karangjati dan juga beberapa kecamatan di kabupaten Ngawi.

Para petani sangat mengeluhkan dengan serangan hama sundep ini. Hampir setiap MT padinya selalu kena serangan hama sundep. “Tapi utk  panen MT 2 tahun ini bener2 terpuruk mas..”keluh petani yang gagal panen hingga 40%.

Mengenai hama sundep itu sendiri memang hama ini yang sangat menjengkelkan bagi para petani. Bagaimana tidak menjengkelkan pada saat padi masih masa2 bunting di lihat dari kasat mata tidak ada indikasi serangan sundep. Padi terlihat normal. Hama sundep ini di sebabkan karena ulet yang menyerang pangkal tangkai padi sehingga padi langsung mongering dan otomatis tidak berisi. 

 Ini adalah padi yang terserang hama sundep. Calon bakal padi langsung mengering. (gambar 1)

 ulat yang menyerang batang padi yang menyebabkan sundep. (gambar 2)

 ulat yang masih di dalam batang padi. Hama ini juga di sebut dengan penggerek batang. Bersambung....










































































0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.